Biaya dan Jadwal Paket Umroh Ramadhan 2019

Jadwal Paket Umroh Ramadhan 2019
Foto: Umroh Ramadhan

Jadwal Paket Umroh Ramadhan 2019

Paket Umroh Ramadhan adalah paket umroh khusus yang dilaksanakan pada bulan ramadhan tiap tahun. Bagi siapa saja yang memiliki keinginan untuk berlomba meraih pahala di malam Lailatul Qadar dan juga pahala seperti berhaji bersama Rasulullah, sekarang sudah dapat mendaftarkan Paket Umroh Ramadhan seperti Awal Ramadhan, Paket Sambut Ramadhan, Paket Full Ramadhan, dan Ramadhan Arbain Plus Lebaran di Madinah dengan biaya umroh Ramadhan mulai dari Rp 20.000.000.

Pengertian Bulan Ramadhan

Ramadan (/ËŒræməˈdɑːn/; bahasa Arab: رمضان Ramaḍān, dan diromanisasikan dengan Ramadhan, Ramazan, atau Ramathan) merupakan urutan bulan ke-9 dari kalender Islam atau kalender Hijriyah, dan didalamnya terdapat ibadah yang dilakukan oleh seluruh umat Islam di seluruh dunia yaitu ibadah puasa atau shaum. Di bulan ini pula umat islam memperingati wahyu pertama yang turun kepada Nabi Muhammad SAW.

Berdasarkan pengamatan hilal yang merujuk pada aturan yang tercantum pada Hadist, bulan ramadhan akan berlangsung selama 29 hingga 30 hari.

Keistimewaan Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang istimewa selain karena didalamnya terdapat penuh dengan keberkahan juga terdapat malam Lailatul Qadar yang di nanti oleh tiap muslimin dan muslimah di seluruh dunia. Malam Lailatul Qadar juga disebut dengan malam seribu bulan. Malam Lailatul Qadar merupakan malam turunnya Al Qur'an.

Al Qur'an surat Al-Qadr menyebutkan:

Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan.” (QS. Al Qadr: 1).

Apa yang dimaksud Lailatul Qadar?

Terdapat 3 pendapat mengenai pengertian Lailatul Qadar:

1- Al qadr berarti mulia (agung). Seperti dalam firman Allah Ta’ala,

وَمَا قَدَرُوا اللَّهَ حَقَّ قَدْرِهِ

Dan mereka tidak mengagungkan Allah dengan pengagungan yang semestinya” (QS. Az Zumar: 67). Sehingga lailatul qadr berarti malam yang mulia. Inilah pendapat Az Zuhri.

2- Al qadr berarti hukum. Inilah pendapat Ibnu Qutaibah.

3- Karena pada saat itu diturunkan kitab yang penuh kemuliaan, diturunkan rahmat dan turun pula malaikat yang mulia. Inilah beberapa pendapat yang disebut oleh Ibnul Jauzi dalam Zaadul Masiir, 9: 182.

Ibnul Arabi rahimahullah menyampaikan mungkin saja makna Lailatul Qadar merupakan malam penuh kemuliaan, namun bisa pula maknanya adalah malam penetapan takdir. Yang terakhir ini lebih mendekati benar karena mengingat firman Allah lainnya,

فِيهَا يُفْرَقُ كُلُّ أَمْرٍ حَكِيمٍ

Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah” (QS. Ad Dukhon: 4), maksud dari ayat ini ialah ditetapkannya takdir. Di antara kemuliaan malam tersebut adalah diturunkannya Al Qur’an secara sekaligus ke langit dunia. Lihat Ahkamul Qur’an, 4: 472.

Syaikh Abdurrahman bin Nashir As Sa’di rahimahullah pernah menyampaikan, “Disebut lailatul qadar karena kemuliaan dan keutamaan malam tersebut di sisi Allah. Pada malam itu ditetapkannya berbagai macam perkara yang akan terjadi pada satu tahun kedepan, yaitu ditetapkan rezeki, ajal, dan berbagai takdir.” (Tafsir Al Karimir Rahman, hal. 931).

Karena keutamaannya tersebut, maka umroh Ramadhan bernilai seperti haji untuk orang yang menunaikannya. Musapir Tours sebagai travel perjalanan umroh menyediakan Program Umroh Ramadhan ini dengan tanggal keberangkatan yang sudah di jadwalkan.

Saat bulan Ramadhan tahun ini, dimana akan berlangsung antara pertengahan bulan Mei hingga bulan Juni kondisi cuaca di Tanah Suci sedang mengalami musim panas, untuk itu bagi para calon jamaah umroh ramadhan 2019 diharapkan bisa mempersiapkan kondisi fisik dan persiapan mental dengan baik.

Umumnya dari para jamaah yang ada, selain mereka melakukan ibadah umroh, mereka juga bermalam sambil beri’tikaf di dalam Masjidil Haram atau Masjid Nabawi. Jamaah dapat membaca Al Qur’an, melakukan doa dan melakukan dzikir serta melaksanakan sholat sunnah baik siang hari ataupun malam.

Saat berpergian pada umroh ramadhan ini, Anda akan melihat tradisi setempat warga lokal Arab Saudi yang bersedekah membagikan berbagai makanan serta minuman untuk hidangan buka puasa. Tradisi yang sama seperti di Indonesia yaitu dengan mengantarkan makanan dan minuman ke masjid-masjid. Selain membagikannya di Masjidil Haram dan di Masjid Nabawi, masyarakat setempat juga membagikannya di jalan, tempat parkir, dan masjid umum yang lainnya.

Makanan untuk hidangan berbuka puasa yang dibagikan, kebanyakan makanan khas dari Arab Saudi juga ada makanan kecil seperti kurma dan buah.

Keutamaan Umroh Pada Bulan Suci Ramadhan

Masing-masing umat muslim mengetahui jika melaksanakan ibadah umroh di bulan Ramadhan ini mendapatkan banyak sekali keutamaan, beberapa diantaranya disebutkan dalam hadist seperti di bawah ini :

Oleh Ibnu Abbas RA, Nabi bersabda yang artinya:

"Umroh di bulan Ramadhan pahalanya seperti ibadah haji". (HR. Bukhori dan Muslim).

Karena melakukan ibadah Umroh di bulan Ramadhan pahalanya sama seperti ibadah haji maka tak heran, jika di bulan suci Ramadhan Paket Umroh Ramadhan 2019 merupakan paket ibadah umroh yang paling banyak dicari, bahkan sudah dipesan dari jauh hari sebelumnya. Karena Bulan Ramadhan adalah puncak musim umroh yang menyebabkan jumlah jamaah akan membengkak karena ingin mendapatkan keutamaannya.

Kami senantiasa menyediakan berbagai macam paket Umroh yang disesuaikan dengan budget anda. Percayakan kepada kami untuk kenyamanan, kelancaran dan kekhusyukan ibadah Umroh Anda di tanah suci kepada Musapir Tours. Silahkan hubungi nomor telpon atau kontak whatsapp yang tersedia untuk informasi lebih lanjut mengenai Paket Umroh Ramadhan ini.